Rabu, 29 April 2020

Cara Instal dan Login Aplikasi Sibos Pintar

Mantan KA UPTD
Ternyata masih banyak teman-teman operator madrasah yang menanyakan bagaimana cara instal dan login aplikasi Sibos Pintar. Meski sebelumnya telah pernah diulas sekilas dalam artikel terdahulu, kali ini menghadirkan cara instal dan login Sibos Pintar dalam artikel tersendiri.

Sibos Pintar merupakan aplikasi terbaru keluaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah). Aplikasi yang bersifat desktop online ini ditujukan sebagai sistem informasi bos dan progam indonesia pintar yang bertujuan untuk melakukan validasi data penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP).

 yang menanyakan bagaimana cara instal dan login aplikasi Sibos Pintar Cara Instal dan Login Aplikasi Sibos Pintar

1. Cara Instal Aplikasi SIBOS PINTAR


Sibos Pintar merupakan aplikasi desktop online. Karena merupakan sebuah aplikasi desktop maka SIBOS PINTAR butuh diinstal dalam komputer (laptop). Online karena untuk mengoperasikannya komputer harus terhubung dengan jaringan internet.

Sebelum mengintal, terlebih dahulu unduh aplikasi ini. Untuk mengunduh bisa melalui situs resmi kemenag ataupun melalui mirror download yang disedikan . Silakan kunjungi alamat berikut untuk mengunduhnya.


Setelah berhasil mengunduh, langkah-langkah untuk menginstal adalah:
  1. Buka folder hasil unduhan "Setup SIBOS_PINTAR_2018_09_12", file masih berupa .rar
  2. Ekstrak file tersebut dengan menggunakan aplikasi ekstrak seperti WinRar, Winzip, atau 7Zip
  3. Setelah berhasil diekstrak, buka folder hasil ekstrak, terdapat dua file
  4. Klik dua kali pada file "Setup" atau "SetupSIBOSPINTAR"
  5. Muncul jendela instalasi SetupSIBOSPINTAR
  6. Klik "Next"
  7. Muncul "Select Instalation Folder"
  8. Biarkan apa adanya lalu klik "Next". Tetapi jika ingin dapat juga melakukan perubahan lokasi pemasangan dan pilihan penggunaan (user).
  9. Muncul "Confirm Installation", klik Next
  10. Proses instalasi berlangsung, tunggu sampai selesai
  11. Muncul "Installation Complete" yang menandakan pemasangan aplikasi berhasil. Klik Close
  12. Aplikasi SIMBOS PINTAR siap digunakan.

Cara lebih mendetail, tonton video tutorial di bagian bawah artikel.

2. Cara Membuka dan Login Sibos Pintar


Untuk menggunakan aplikasi SIBOS PINTAR, setelah berhasil melakukan instalagi, kita tinggal membuka aplikasinya dan melakukan login.

Untuk login, berikut userID dan password standar yang digunakan:
  • UserID : NSM masing-masing madrasah
  • Password : User12345 (perhatikan, huruf "U" kapital)

Untuk membuka dan mulai menggunakannya, langkah-langkahnya adalah:
  1. Klik menu "Start"
  2. Cari ikon SIBOS PINTAR
  3. Jika tidak muncul, ketik kata "sibos" pada kolon Search Program di menu Start
  4. Klik program SIBOS PINTAR
  5. Muncul jendela login
  6. Masukkan UserID (NSM) dan password (User12345)
  7. Terbuka jendela Pilih Login
  8. Klik tanda plus pada "Daftar Ijin Akses"
  9. Karena merupakan admin madrasah maka yang tersedia hanya satu akses yakni "Modul Admin Lembaga" madrasah yang bersangkutan. Klik pada modul tersebut
  10. Klik "Pilih"
  11. Terbuka aplikasi Sibos Pintar untuk madrasah yang bersangkutan
  12. Gunakan menu-menu di sebelah kiri atas untuk menggunakan. Klik pada menu untuk menampilkan submenu-submenu yang tersedia.

Untuk cara pengoperasian selanjutnya silakan unduh petunjuk penggunaan aplikasi Sibos Pintar di artikel Download Aplikasi SIBOS PINTAR

3. Video Tutorial Cara Instal dan Login


Agar lebih memahami cara melakukan instalasi dan login di aplikasi Sibos Pintar sila tonton video tutorial berikut ini.


4. Tips Tambahan Terkait Login Sibos Pintar


Karena terkait dengan kerahasian data madrasah dan mencegah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, menyarankan dua hal terkait dengan login Sibos Pintar. Keduanya adalah:

  1. Tambahkan admin madrasah selain admin madrasah standar yang telah ada
  2. Ubah password login admin madrasah


Tambahkan admin madrasah selain admin madrasah standar yang telah ada

Aplikasi Sibos Pintar memungkinkan untuk menambah admin madrasah baru selain admin yang telah ada. Sehingga nantinya aplikasi bisa dibuka dengan menggunakan beberapa admin sekaligus.

Kenapa harus menambahkan admin madrasah baru selain admin yang telah ada? 

Dengan menambahkan admin baru, jika salah satu akun tidak bisa digunakan untuk login (semisal lupa password) masih bisa login dengan menggunakan akun lainnya. Dan dari akun lain tersebut kita bisa melakukan reset password pada akun yang lupa password. 

Baca Juga: 

Kenapa harus mengubah password login?

Karena terkait kerahasiaan data dan untuk menghindari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengutak-atik data Sibos Pintar. Semisal saja, ada pihak yang login ke akun madrasah kita dan menghapus data-data siswa yang sudah kita masukkan.

Jika setelah mengganti password malah lupa?

Kan masih ada akun satunya lagi yang bisa digunakan untuk login dan mereset password yang lupa tadi.

Cara menambahkan admin baru cukup mudah.
  1. Klik kanan Daftar Admin Lembaga
  2. Muncul "Tambah Baru", klik
  3. Masukkan email, lalu klik OK
  4. Masukkan nama admin, lalu klik OK
  5. Masukkan password yang akan digunakan, lalu klik OK
  6. Selesai

Untuk mengganti dan mereset password admin lembaga, caranya:
  1. Klik kanan pada user/admin yang akan diganti atau direset passwordnya
  2. Muncul menu, klik "Reset Password"
  3. Masukkan password yang diinginkan, lalu klik OK
  4. Ulangi masukkan password yang diinginkan tadi, lalu klik OK

Dengan memahami cara instal dan login aplikasi Sibos Pintar, sekaligus ditambah dengan tips khusus terkait dengan login ke aplikasi ini diharapkan para operator madrasah dapat segera melaksanakan pendataan Sibos Pintar ini, mengingat waktu yang tersedia cukup singkat yakni sampai 30 September saja.